Organisasi Pembelajaran dan Pembelajaran Organisasi


PENDAHULUAN

Organisasi pada dasarnya seperti mahluk hidup yang kelangsungan hidupnya sangat ditentukan oleh kemampuannya untuk beradapatasi dengan lingkungan.  Perubahan lingkungan strategik organisasi yang sangat cepat dalam berbagai dimensi, seperti teknologi, sosial, ekonomi, perundangan, globalisasi, dll. menuntut organisasi untuk mampu  beradaptasi pada perubahan itu. Apabila organisasi terlambat untuk berubah maka sangat besar kemungkinan organisasi akan mundur kinerjanya bahkan, dapat punah. Oleh karena itu suatu hal yang harus dilakukan oleh organisasi untuk tetap bertahan dan berkembang adalah organisasi senantiasa mempelajari perubahan lingkungan strategik dan segera beradaptasi pada perubahan itu. Dalam dinamika organisasi tersebut muncul istilah Organisasi Pembelajaran/Belajar dan Pembelajaran Organisasi.

RINGKASAN PAPER

Makalah/Paper karya Anders Ortenblad yang berjudul On differences between organizational learning and learning organization mencoba menguraikan tentang perbedaan antara Organisasi Pembelajaran/Belajar dan Pembelajaran Organisasi tersebut.

Anders dalam makalahnya tersebut mengungkapkan bahwa awalnya istilah Organisasi Pembelajaran/Belajar dan Pembelajaran Organisasi memiliki makna yang sama. Namun, seiring dengan perkembangan pengetahuan, Anders mengungkapkan bahwa kedua istilah tersebut memiliki makna yang berbeda. Perbedaan tersebut dicoba diungkapkan pada paper tersebut termasuk perbedaan antara pembelajaran organisasi konsep lama dan pembelajaran organisasi konsep baru. Penjelasan perbedaan tersebut diharapkan semakin memperjelas tentang konsep pembelajaran organisasi.

Tiga Pembedaan makna pembelajaran organisasi dan organisasi pembelajaran yang sering muncul saat ini yang diungkap oleh para ahli adalah sebagai berikut:

  1. Organisasi Pembelajaran merupakan suatu format organisasi, sedangkan pembelajaran Organisasi adalah proses atau aktivitas pembelajaran yang dilakukan dalam organisasi
  2. Organisasi pembelajaran butuh usaha/upaya untuk mewujudkannya sedangkan pembelajaran organisasi dapat terwujud sekalipun tanpa usaha/upaya.

Organisasi Pembelajaran merupakan kebutuhan sedangkan pembelajaran organisasi sebagai bentuk tertentu dari suatu organisasi.

Untuk uraian selengkapnya silahkan klik link di bawah ini:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s