Marketing Dakwah


Pernah dengar istilah Marketing Dakwah?

Jika kita cermati lebih mendalam, sesungguhnya proses dakwah adalah sebuah proses marketing dengan produknya hal-hal yang didakwahkan, sebutlah Islam (sebagai produknya).

Sebagaimana halnya marketing, ternyata keberhasilan dakwah pun akan sangat dipengaruhi oleh faktor personal dan faktor eksternal, salah satunya adalah jam terbang atau pengalaman. Jam terbang ini penting dimiliki. Agar disebut berpengalaman, seorang pendakwah (spiritual marketer) harus berani mencoba di tahap awalnya. Setelah keberanian itu muncul, maka proses dakwah (marketing) akan berjalan terus menerus dan berjalan dengan alami sehingga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan.

Sebagaimana halnya marketing, Proses berdakwah pun sangat  membutuhkan penguasaan product knowledge pada setiap pendakwah (marketer).

Sebagaimana halnya marketing, para pendakwah harus mampu berkomunikasi dengan baik, termasuk di dalamnya pandai membaca bahasa tubuh dan bahasa lisan yang ditampakkan oleh target dakwah (customer / consumer). Untuk itu, perlu dikuasai Keterampilan Komunikasi Interpersonal yang mampu menghadirkan proses negosiasi yang “mengasyikan” sehingga dihasilkan kesepakatan yang win win solution yaitu proses dakwah dapat dijalankan dengan optimal, target dakwah dapat menerima hal-hal yang didakwahkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s